Rekreasi Sambil Belajar di Taman Burung

1/30/2017 07:47:00 PM RED Production 0 Comments






Jakarta bukan hanya kota bisnis, Jika Anda ingin berlibur sejenak di kota ini anda bisa saja ke Taman Mini Indonesia Indah, berekreasi sambil edukasi. Salah satu destinasi wajib di Taman Mini adalah di Taman Burung.

Setelah membayar tiket masuk, dan melangkah ke dalam area Taman Burung TMII, persis di dekat pintu masuk terdapat beberapa ekor nuri cantik yang menyambut pengunjung. Setelah berhenti sejenak menikmatinya, kami melanjutkan perjalanan menyusuri lintasan untuk masuk ke dalam kubah kawat raksasa dengan koleksi burung wilayah Indonesia Barat.

Taman ini dibangun 1975, dengan satu kubah saat diresmikan 19 Agustus 1976. Delapan kubah lagi diresmikan 27 April 1986. Kubah barat untuk burung wilayah Indonesia Barat, dan kubah timur untuk burung Indonesia Timur. Kubah terbesar berdiameter 68 m dan tinggi 30 mm, terkecil 20 mm dan tinggi 9 m. 
Di seluruh Kepulauan Indonesia diperkirakan hidup sekitar 250 jenis burung. Burung dari wilayah Indonesia Barat mencakup burung yang hidup di kepulauan Bali, Jawa, Sumatera, serta Kalimantan. Sedangkan burung wilayah Indonesia Timur mencakup burung asal Sulawesi, Nusatenggara, Papua, Kepulauan Maluku, serta pulau kecil di sekitarnya.

Danau buatan di Taman Burung TMII menjadi tempat nyaman bagi pelikan putih dengan garis hitam cantik ini yang tengah berenang lambat dan santai di permukaan airnya. Selain pelikan juga ada angsa, bebek dan belibis yang berenang di danau ini. Danau juga menjadi tempat minum dan mandi burung yang dibiarkan hidup bebas di dalam taman.



Kontur tanah di dua kubah utama dibuat bergelombang. Di sepanjang lintasan terdapat kandang berkerangkeng bagi burung yang jarang dilihat seperti Elang Bondol, Beluk Ketupa, Elang-Ular Bido, Elang Laut Dada Putih, serta tempat makan bagi burung yang dibiarkan terbang atau berjalan bebas di dalam kubah.


Taman Burung TMII memiliki koleksi sekitar 2000 ekor burung yang terdiri dari 167 jenis yang ada di tanah air. Diantara burung besar yang menarik di Taman Burung TMII adalah Merak hijau, Mambruk Ubiaat, Burung Jenjang, Kasuari dan Julang. Mambruk Ubiaat (Goura cristata) asal Papua memiliki mahkota cantik di kepalanya yang menyerupai renda. Burung Jenjang mahkota abu-abu (Balearica regulorum) juga memiliki mahkota sangat indah dengan leher yang panjang.

Taman Burung TMII masih tetap merupakan salah satu tempat terbaik di kompleks TMII untuk segala usia. Pengunjung bisa berjalan di sepanjang lintasan di dalam deretan kubah yang besar yang memberi kesempatan untuk melihat dari jarak dekat koleksi burung-burung liar yang berasal dari bagian timur dan bagian barat kepulauan Indonesia.




You Might Also Like

0 komentar: