Pemandian Air Panas Gunung Pancar

9/22/2016 04:48:00 PM RED Production 0 Comments



Sudah lama ingin ke Air Panas Gunung Pancar Bogor, akhirnya niat itu terpenuhi, kami menuju lokasi. Lokasi Air Panas Gunung Pancar ini berada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor, melewati kawasan Sentul City dan Taman Wisata Alam Gunung Pancar.

Keluar tol Sentul Selatan kami belok kiri. Sesudah 8 km di Sentul City, kami sampai di bundaran dan belok kiri. Sekitar 600 m belok kanan ke Jl Babakan Madang. 

Sejenak berhenti di depan gerbang Taman Wisata Alam Gunung Pancar. Di gerbang ini wisatawan membayar Rp. 2.000 per orang, wisman Rp. 15.000, kendaraan roda dua Rp. 1.000, mobil Rp. 1.500 dan bus – truk Rp. 2.500. Di sebelah kanan ada trek untuk memasuki kawasan hutan pinus. Tampaknya asik juga berjalan-jalan di tengah hutan pinus ini.

Selain hutan pohon pinus, di kawasan hutan lindung dan konservasi alam yang dikelola PT. Wana Wisata Indah ini juga tumbuh sejumlah pohon Beringin, Jamuju, Puspa, Rasamala, serta pohon Saninten. Di sini juga hidup berjenis unggas dan burung, seperi Ayam Hutan Merah, Elang, Enggang, Jalak, Kutilang, dan Srigunting. Satwa lainnya adalah Babi Hutan, Jelarang, Kera, Owa, dan juga Surili.

Disini anda dapat melakukan sesi pemotretan pre-wedding atau sekedar bertamasya bersama keluarga dengan suasana alam yang dingin dan menyenangkan. 



Deretan pohon pinus tegak menjulang mengiringi perjalanan menuju tempat pemandian air panas Gunung Pancar, Bogor. Suara tonggeret nyaring bersahutan. Menapaki jalan berbatu kasar yang licin dan menurun, terlihat bilik-bilik dan kolam pemandian. Ah, rileksnya berendam di sana.

Di bawah pohon bambu rindang, kami berbaring dengan kedua tangan ditarik sejajar kepala di dalam kolam air panas Gunung Pancar. Sesekali, berenang dan menyelam ke dalam kolam sedalam sekitar 50 sentimeter itu. Setelah merasa kepanasan, ia bangkit dan merebahkan tubuh di pinggir kolam.

Sebenarnya disana terdapat beberapa kolam pemandian, ada dua kolam umum, satu kolam untuk wanita dan satu kolam untuk pria, namun kami memilih untuk menuju pada kolam private yang terletak dibagian belakang, kolam keluarga untuk 3-4 orang. Kolam keluarga ini lebih bagus daripada kolam untuk pengunjung umum. Dinding kolam dari tatanan batu kali berbagai ukuran yang direkatkan dengan semen. Kolam hanya diisi air panas saat ada penyewa. Ada enam kolam yang disediakan pengelola. Tarifnya Rp 100.000 per jam.

Dengan kolam private, anda dapat menikmati air panas alam secara pribadi cukup sharing dengan kerabat anda, tidak usah khawatir jika privasi anda terganggu karena tempatnya yang tertutup dan lebih bersih tentunya.

Banyak manfaat


Untuk masuk ke lokasi wisata itu, kita cukup merogoh biaya masuk Rp 5.000. Kondisi tempat pemandian air panas Gunung Pancar ini memang cukup sederhana karena masih dikelola swadaya oleh warga. Warga lokal dilibatkan sebagai karyawan, juru pijat, terapis, dan tenaga kebersihan.

Kolam dialiri air panas alami Gunung Pancar melalui pipa-pipa. Lantai kolam dilapisi semen yang dibersihkan secara berkala. Saat akhir pekan, pengunjung meluber di kolam tersebut.

Pengunjung yang berendam di kolam air panas pun bisa menggunakan jasa pijat, lulur, dan masker. Pengelola menyediakan masker belerang dan lumpur alam yang dibungkus dalam plastik kecil seharga Rp 15.000 per plastik.

Untuk biaya pijat, lulur, dan masker pun pengelola tidak mematok tarif. Pengunjung cukup memberikan tips yang pantas bagi para pekerja. Pengelola juga menyediakan jasa terapi air panas bagi penderita penyakit stroke dan masalah lainnya.

You Might Also Like

0 komentar: