10 Makanan Tradisional Indonesia Yang Terkenal dari Dulu Sampai Sekarang

9/20/2016 04:37:00 PM RED Production 0 Comments

Nasi Goreng

Nasi adalah sebuah bagian penting dari masakan tradisional Tionghoa munurut catatan sejarah nasi goreng sudah ada sejak 4000 sebelum masehi dan kemudian menyebar ke Asia Tenggara.
Pertama kali dibawa oleh perantau-perantau Tionghoa, ada berbagai macam resep nasi goreng tapi unsur utama adalah nasi, minyak goreng, kecap manis yang bisa juga ditambahkan sayuran, daging, sambal, kerupuk dan telur goreng, dari Belanda.
Ada lagu yang terkenal yang dinyanyikan oleh seorang penyanyi Belanda bernama Tante Lien yang berjudul “Geef Mij Maar Nasi Goreng” (berikan aku nasi goreng) yang direkam pada tahun 1979.
Lagu ini menceritakan tentang hubungan kuliner sejarah antara Belanda dan Indonesa di China disebut Chao fan dan daging babi adalah ciri khasnya.

Bakso
 
Bakso atau baso adalah jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia.
Bakso pada umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tapioka dan dalam penyajiannya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening dicampur mie, bihun, taoge, tahu dan terkadang telur ditaburi bawang goreng dan seledri.
Bakso memiliki akar dari seni kuliner Tionghoa Indonesia hal ini ditunjukan dari istilah Bakso berasal dari kata bak-so dalam bahasa hokkien yang secara harfiah berarti “daging giling”.
Karena kebanyakan orang Indonesia adalah muslim maka dibuatlah bakso dari daging sapi bukan babi dan sampai sekarang bakso ada banyak variasi seperti bakso urat,ikan,udang,malang, keju dan bakso bakar.

Sate atau Satai
Sate atau satai adalah makanan yang terbuat dari potongan daging kecil-kecil yang di tusuk sedemikian rupa dengan tusukan yang terbuat dari lidi tulang daun kelapa atau bambu yang di potong kecil-kecil menyerupai lidi.
Kemudian di panggang menggunakan bara arang kayu dan bumbu sate biasanya terbuat dari kacang tumbuk dan kecap, sate berasal dari Jawa, Indonesia dan dari sana terkenal keseluruh Indonesia.
Hidangan internasional yang mirip sate antara lain yakitori dari Jepang, Shis kebab dari Turki, shashilk dari Kaukasia, chuanr dari Cina dan sosatie dari Afrika Selatan, sate terdaftar sebagai peringkat ke 14 dalam world’s 50 most delicious food.

Soto 

merupakan hidangan khas Indonesia dan soto sendiri sudah dikenal dengan makanan tradisional dari berbagai daerah dari Indonesia.
Menurut Dennys Lombart dalam buku Nusa Jawa asal mula soto adalah makanan cina bernama “caudo” dan kota pertama yang mempopulerkan soto adalah kota Semarang, dari “caudo” menjadi soto, ada banyak sebutan soto orang Makasar menyebutnya coto.
Orang Pekalongan menyebutnya Tauto, soto identik dengan mie atau soun, daging ayam, sapi, kerbau, perasaan jeruk limau, bawang goreng, koya dan nasi.

Rendang


Rendang merupakan masakan yang kaya rempah dengan daging sebahai bahan dasarnya dan menggunakan karambia (santan kelapa) dan campuran bumbu khas seperti cabai, lengkuas, jahe,kunyit,bawang, dan bumbu-bumbu lainnya.

Rendang ini berasal dari daerah di Sumatera bagian barat yaitu Minangkabau yang ditemukan pada abad ke 19, sejarah masakan khas padang juga dapat ditemukan dalam catatan harian kolonel Stuers.
Pada tahun 1827 dimana ada banyak implisit deskripsi kuliner yang diduga mengarah pada rendang, rendang berasal dari kata “merandang”, yaitu untuk memasak santan hingga kering secara perlahan.

Gudeg

Pada jaman penjajahan Ingggris tinggalah seorang warga negara Inggris yang menetap di Yogya dan memiliki istri seorang perempuan Jawa.
Pada suatu hari sang istri memasak masakan yang sudah turun temurun yang pada saat itu belum ada namanya dan suaminya pun makan dengan lahap lalu sang suami bilang “good dek”.
Dari situlah terkenal istilah gudeg yang sekarang menjadi makanan khas dari Yogya, gudeg terbuat dari nangka muda (gori) direbus diatas tungku sekitar 100 derajat celcius selama 24 jam.
Sebagai lauk pelengkapnya ada daging ayam kampung da telur bebek pindang yang kemudia di rebus, sedangkan rasa pedas merupakan paduan sayur tempe dan sambal krecek dan menarik dengan menggunakan “besek” (tempat dari anyaman bambu) atau menggunakan “kendil”(guci dari tanah liat yang di bakar).
Banyak wisatawan asing yang berkunjung ke Yogya hanya untuk makan gudeg.

Nasi Rawon


Bagi lidah orang Jawa Timur tentu tidak asing lagi untuk menyantap rawon yaitu masakan daging berkuah yang ditambahkan sayur berupa kol, labu siam atau pepaya muda.

Kerak Telur Jakarta

Menurut sejarah kerak telor sudah ada pada zaman Belanda menjajah Indonesia pada waktu dulu.
Kerak telor merupakan warisan masa lalu dimana pada saat itu kota yang bernama Jakarta masih banyak ditumbuhi pohon kelapa cara membuat masakan ini cukup unik.
Saat kerak telor sudah setengah matang maka wajan akan dibalik dan dibiarkan terkena bara api sambil dikipasi agar bara api tetap menyala setelah agak kering dan matang barulah makanan disajikan.

Tempe

Tempe adalah makanan yang berbahan dasar kedelai, menurut pakar tempe dari Universitas Gajah Mada kata “kedele” dalam bahasa Jawa berdasarkan penelitian genetik kedelai berasal dari Tiongkok meski tidak ada keterangan apakah jenisnya kedelai hitam atau kuning namun menurut sejarawan Ong Hok Ham tempe adalah sumbangan dari Jawa untuk dunia.

Nasi Liwet

Nasi liwet adalah makanan khas Solo, nasi lliwet adalah nasi gurih dimasak dengan kelapa mirip nasi uduk yang disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam dan areh semacam bubur gurih dari kelapa.

(berbagai sumber)


You Might Also Like

0 komentar: