Gelaran 45 tahun Abang None Jakarta 2016

8/06/2016 01:30:00 AM RED Production 0 Comments

Pemilihan Abang None DKI Jakarta merupakan pemilihan Abang dan None Jakarta tingkat provinsi. Pemilihan Abang None DKI Jakarta sudah berlangsung sejak tahun 1971 dan pada tahun ini menginjakkan tahun ke-45. 

Sudah banyak lulusan dari Abang None yang berhasil di setiap bidang, baik karir maupun pendidikan. Kini tujuh pasang pemenang dari berbagai kategori telah diumumkan di The Hall, Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.


Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, meminta seluruh finalis Abang dan None Jakarta mampu memperkenalkan dan mempromosikan budaya Betawi pada masyarakat Indonesia dan juga masyarakat dunia. 

"Untuk eksternal, Abang dan None Jakarta harus mampu menjelaskan ke seluruh masyarakat Indonesja tentang Budaya Betawi yang sangat baik ini," kata Djarot dalam acara Malam Final Abang dan None Jakarta 2016 di Mal Kota Kasablanka, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (5/8) malam.

Selain memperkenalkan budaya Betawi, kata Djarot, Abang dan None Jakarta juga harus mampu menjelaskan potensi ekonomi yang ada di Ibu Kota. Selain itu, anjut dia, mereka harus memiliki kemampuan menjelaskan roda pemerintahan Kota Jakarta.

"Mari kita dorong supaya Abang dan None Jakarta mampu menjadi sebagai Duta Jakarta yang membanggakan. Bukan hanya sebagai pelengkap dan pemanis untuk acara seremonial. Abang dan None Jakarta harus menjadi karya nyata dalam bentuk nilai kepribadian dan budi pekertinya," ungkapnya.


Djarot pun membuka malam final tersebut secara resmi dengan menabuh rebana. Para pendukung Abang None Jakarta 2016 langsung bertepuk tangan dan bersorak mendengar pembukaan itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta, Catur Laswanto, mengatakan, tahun ini merupakan pelaksanaan pemilihan Abang dan None Jakarta ke-45.

"Pendaftaran Abang dan None telah dilaksanakan secara serentak di enam wilayah DKI Jakarta sejak 15 Februari sampai 14 April 2016," kata Catur.

Adapun jumlah peserta Abang None tingkat wilayah yaitu 289 peserta di Jakarta Barat, 303 peserta dari Jakarta Selatan, 170 peserta dari Jakarta Pusat, 138 peserta dari Jakarta Timur, 152 peserta dari Jakarta Utara dan 117 peserta dari Kepulauan Seribu.

"Pemilihan finalis dilakukan di masing-masing wilayah mulai dari tanggal 14 Mei sampai dengan 3 Juni 2016. Hasilnya ada 18 finalis yang mewakili masing-masing wilayah sebanyak tiga pasang Abang dan None," ujarnya.


Acara yang dimeriahkan dengan penampilan menawarn dari Vinna Panduwinata, Alexa Band, Pongki Barata, Kunto Aji dan Pongki Barata itu terlihat cukup meriah dan riuh dihadiri para supporter.


Dari 36 finalis Abang None Jakarta 2016 telah terpilih 14 finalis yang ditetapkan sebagai para pemenang dari tujuh kategori. Pemenang Favorit Abang None 2016 dianugerahkan kepada Adry Gracio dan Syarifah Nadira. 



Pemenang Harapan III Abang None dimenangkan oleh Kevin K dan Yuni Syalfina. Pemenang Harapan II dimenangkan oleh Reyhan Savero dan Yasmine Naomi. Pemenang Harapan I dimenangkan oleh M Fajar Siregar dan Xanrena A Siregar.



Pemenang Wakil II Abang None dimenangkan oleh Ampuh Risbati dan Nabila Chintia. Pemenang Wakil I Abang None dimenangkan oleh Ramos Sidjabat dan Syifa Rahmaliya. Dan pada akhirnya, Abang None Jakarta 2016 jatuh kepada Taufik Hidayat dari Jakarta Timur dan Yasmine Kurnia dari Kepulauan Seribu.


Keberhasilan para pemenang Abang None Jakarta 2016 tidak lepas dari kegigihan dari masing-masing finalis. Mereka bisa melewati berbagai tahapan tes secara baik dari pengetahuan maupun karakteristik. Penilaian para finalis meliputi berbagai bidang seperti ; Pemerintahan, Branding dan Marketing, Bahasa asing dan Public Relation, Psikologi, Kebudayaan Betawi, Pariwisata dan Tata Rias serta Busana.

Turut dihadiri oleh Abang None pada tahun-tahun sebelumnya seperti Mpok Maudy, Bang Ivan Fadilla, Bang Bekti, dan lain-lain acara malam itu menjadi perhelatan akbar tahunan Ibukota Jakarta.
.
.
 
 DAFTAR PERAIH GELAR ABANG-NONE DKI JAKARTA 2016

 Abang None Jakarta 2016: Taufik Hidayat (Jakarta Timur) - Yasmine Kurnia (Kep. Seribu)
 Abang None 2016 wakil I: Ramos Romatua (Jakarta Pusat) - Syifa Rahmalia (Jakarta Pusat)
Abang None 2016 wakil II: Ampuh Risbati (Kep.Seribu) -Nabila Chintia Putri (Jakarta Selatan) .
Abang None 2016 juara Harapan I: Muhammad Fajar (Jakarta Pusat) - Xanrena Alaia (Jakarta Pusat)
Abang None 2016 juara harapan II:  Reyhan Savero (Kep Seribu) - Yasmine Naomi (Jakarta Pusat)
Abang None 2016 Harapan III: Kevin F Karipuy (Kep Seribu) -Yuni Syalfina (Jakarta Utara)
Abang None 2016 Favorit:  Adry Gracio (Jakarta Selatan) - Syarifa Nadira Putri.(Jakarta Selatan)


You Might Also Like

0 komentar: