Tips Mudik Asik & Tetap Sehat

6/02/2017 07:25:00 PM RED Production 0 Comments

Terpaksa melakukan perjalanan jauh saat puasa? Tak masalah kalau  Anda memilih tidak menjalankan puasa. Tetapi kalau Anda berniat untuk tetap berpuasa, sebaiknya Anda  membuat beberapa persiapan terlebih dahulu.

Karena menjalankan puasa sambil bepergian jauh itu cukup menghabiskan energi. Simak beberapa tips berikut.





1. Rencanakan perjalanan

Sebisa mungkin hindari bepergian jauh tanpa perencanaan yang matang. Pastikan sudah mengetahui dengan jelas destinasi mana saja yang akan kamu tuju, berapa lama waktu yang diperlukan untuk mencapainya, dan sarana transportasi apa yang akan digunakan. Siapkan peta mudik dan pastikan peta mudik anda terbaharui. Gunakan alat bantu petunjuk arah, misal kompas atau GPS, jika diperlukan. Dengan begini Anda bisa meminimalisir risiko terburuk yang bisa terjadi saat perjalanan.

2. Bawa obat-obatan
Periksa kesehatan anda terlebih dahulu, terutama jika anda memiliki riwayat sakit tertentu. Jangan lupa membawa obat-obatan sesuai kebutuhan. Karena kondisi orang yang berpuasa relatif rentan, tak ada salahnya membawa obat-obatan sendiri. Siapa tahu di tengah perjalanan nanti memerlukan obat sakit kepala, minyak angin, dan obat anti-mabuk.

3. Jangan lakukan aktivitas berat

Hindari aktivitas berat yang bisa mengganggu kenyamanan dalam menjalankan puasa di perjalanan nanti. Kalau bepergian dengan kendaraan sendiri, luangkan waktu untuk istirahat sebentar di sela-sela perjalanan.   Jika stamina tubuh terasa berkurang, jangan memaksakan diri dengan meminum obat atau minuman yang dapat menambah tenaga tubuh sesaat.



4. Bawa makanan pembuka sendiri

Bepergian saat berpuasa, kemungkinan besar harus berbuka di perjalanan. Daripada mengambil risiko dengan membeli makanan di jalan yang tidak diketahui pasti kualitas dan kebersihannya, lebih baik siapkan bekal untuk berbuka sendiri. Tidak perlu menyiapkan makanan yang rumit. Makanan sederhana untuk sekadar membatalkan puasa pun sudah cukup.

5. Selalu waspada

Biasanya kita sedikit lemas saat sedang berpuasa. Akibatnya daya konsentrasi pun berkurang. Tak jarang barang bawaan atau dompet tertinggal. Persiapkan diri anda baik secara fisik maupun psikologis. Sebaiknya tidak berangkat setelah pulang kerja, karena selain badan capek, psikologi anda juga lelah.
Untuk itu, usahakan sebisa mungkin untuk selalu waspada. Fokuskan pikiran untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.



You Might Also Like

0 komentar: