Bahaya Kertas Untuk Wadah Makanan

5/21/2016 08:00:00 AM RED Production 0 Comments

Reders sering membeli makan-makanan street food yang menggunakan pembungkus kertas bekas atau kertas koran? atau paling suka menggunakan properti kertas koran atau majalah untuk alas makanan langsung? wah...sepertinya kebiasaan itu harus segera dihentikan



Berikut beberapa bahaya kertas koran untuk wadah gorengan.
  • Menggangu Kesehatan Paru-paru dan Ginjal
Selain timbal, zat lainnya yang terkandung pada kertas koran yaitu grafit. Jika zat grafit ini tertelan dan masuk ke dalam tubuh dapat menjadi racun bagi tubuh. Ketika zat tersebut masuk ke dalam tubuh untuk jangka waktu yang lama dan terjadi dengan berkala, maka tubuh tidak akan mampu untuk menghilangkan racun yang biasanya melalui eksresi.
Jika zat grafit dalam tubuh terus terakumulasi, hal ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada ginjal dan paru-paru yang lambat laun akan mengganggu fungsi dari kedua organ tubuh tersebut.
  • Memicu Kanker
Penderita kanker mengalami peningkatan yang signifikan dan menjadi salah satu penyakit yang mematikan. Ini bisa disebabkan oleh beragam hal. Salah satunya gaya hidup yang tidak sehat. Menggunakan kertas koran sebagai wadah gorengan menjadi salah satu kebiasaan yang tidak sehat.
Pasalnya tinta pada kertas koran yang memiliki senyawa kimia akan menempel pada gorengan yang kita makan. Jika hal ini berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama maka senyawa kimia pada tinta akan mengendap pada tubuh dan akan memicu tumbuhnya sel sel kanker.
  • Menggangu kesehatan pencernaan dan hormon
Bahaya kertas koran sebagai wadah gorengan tidak hanya terjadi dalam jangka waktu yang panjang. Namun dampak buruknya dapat kita rasakan dalam waktu yang cepat. Tinta pada kertas koran sangat mudah larut ketika terkena gorengan panas dan akan menempel pada gorengan tersebut. Sehingga ketika senyawa kimia tersebut masuk  ke dalam tubuh akan menimbulkan reaksi yang dapat mengganggu pada kesehatan pencernaan.Selain gangguan pencernaan, kandungan timbal pada kertas koran juga dapat menggangu keseimbangan hormone tubuh.

Bagaimana, masih berminat menggunakan kertas koran atau kertas bekas sebagai alas makan langsung? yuk mulai hidup lebih higienis.

You Might Also Like

0 komentar: