Selusuri Ciletuh nan Elok

4/03/2016 08:30:00 AM RED Production 0 Comments




Mentari mulai kuncup dan menggugurkan embun yang semalaman memeluk daun ketika saya tiba di Ciletuh Geopark. Perjalanan semalaman dengan Land Rover dari Jakarta sedikit membuat punggung kaku, segera saya lemaskan punggung dan menikmati udara pagi yang menyegarkan.

Ciletuh Geopark, tempat yang saya tuju ini  terletak di bagian paling selatan Sukabumi dan  menawarkan panorama yang lengkap mulai dari pantai, air terjun, persawahan, sungai sampai bentang perbukitan tinggi. Selain itu formasi batuan kuno yang ada di Ciletuh, membuatnya menyandang nama Geopark, julukan yang tepat karena batu-batu besar hingga tebing tinggi adalah sajian utama di Ciletuh.

Area Ciletuh Geopark membentang di sepanjang Kecamatan Ciemas, Sukabumi dan terangkum di beberapa desa di dalamnya. Bentangnya membentuk bentuk tapal kuda dengan tebing tinggi yang melengkung seorang mengurung laut. Bentang ini merupakan hasil pengangkatan lautan beberapa ribu tahun silam dan membentuk formasi tebing batu di Ciletuh seperti sekarang.

Dengan bentang alam yang luar biasa ini, sisi wisata Ciletuh masih belum tersentuh. Masyarakat di Ciletuh mayoritas adalah petani dan menggantungkan diri pada hasil bumi, padahal bentang alam di sepanjang garis tapal kuda Ciletuh begitu menggetarkan.

Sebaran Air Terjun




Penjelajahan Ciletuh dimulai dari Curug Sodong, satu dari beberapa air terjun yang ada di Ciletuh. Lokasinya sedikit tersembunyi dan cukup membuat mesin mobil Land Rover yang saya tumpangi meraung-raung melibas jalanan.


You Might Also Like

0 komentar: