Amankah mengkomsumsi Sushi atau Daging Mentah?

4/24/2016 08:00:00 AM RED Production 0 Comments



Gemar makan sushi ? yuk baca apa saja resiko jika mengkonsumsi sushi secara berlebih..bersama dr.Samuel Stemi

Daging mentah tentu saja tidak aman untuk dikonsumsi, karena daging mentah dapat mengandung cacing pita dan bakteri. Sebagai contoh: Cacing Taenia saginata yang berasal dari sapi, Taenia solium dari babi, dan Diphyllobothrium latum dari ikan. Beberapa jenis bakteri yang dapat ditemukan pada daging sapi antara lain: Eschericia coli, Salmonella, Campylobacter Jejuni, dan Listeria Monocytogenes. Cacing pita dan bakteri yang menginfeksi tubuh manusia dapat menyebabkan gejala demam, mual dan muntah, nyeri perut, gangguan penyerapan nutrisi, wajah pucat, dan bahkan diare yang disertai darah.
 
Untuk sushi, sebaiknya tidak dikonsumsi oleh orang dengan gangguan kekebalan tubuh dan ibu hamil. Pada orang sehat, sebenarnya selama sushi disiapkan dengan baik dan benar, tidak akan menjadi masalah. Berikut ini beberapa tips bagi penggemar sushi:

1.      Memilih restoran yang memiliki reputasi yang baik dan memiliki standar dalam pengolahan makanannya.

2.      Menghindari ikan tawar, karena berpotensi lebih banyak mengandung parasit dibandingkan ikan air laut.

3.      Menghindari ikan tuna, karena sangat tinggi kandungan merkurinya dan dapat memicu keracunan merkuri.

4.      Memastikan ikan telah melalui proses pengolahan yang benar (pembersihan organ dalam ikan dilakukan segera setelah ikan ditangkap) dan telah dibekukan pada suhu -20 derajat Celcius selama minimal 15 jam (proses pembekuan ini dapat membunuh parasit)

5.      Memakan sushi sesegera mungkin, jangan membiarkannya di lemari es lebih dari 24 jam dan tambahkan asam cuka untuk membunuh mikroba pada saat menyantapnya.

Orang dengan penyakit immunocompromised (gangguan sistem kekebalan/ pertahanan tubuh) dan wanita hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi sushi. Karena terjadinya infeksi parasit di tubuh orang yang memiliki gangguan kekebalan tubuh dapat menimbulkan gejala yang sangat hebat. Sementara itu, konsumsi sushi oleh wanita hamil dapat menyebabkan peningkatan risiko infeksi untuk bayi yang dikandungnya dan dapat menyebabkan keterlambatan pertumbuhan bayi dalam kandungan, jika sushi mengandung merkuri.


You Might Also Like

0 komentar: