Rianti Cartwright, Antara Spa & Crumble

3/08/2016 08:00:00 AM RED Production 0 Comments


 Teks: De Lian, Foto: Andri Susanto, MUA: Barry

Artis dan dunia bisnis, sepertinya sudah bukanlah hal baru saat ini, ramai-ramai para pelaku seni mulai bergerak diberbagai lahan bisnis, mulai dari clothing line, tempat perawatan tubuh juga restaurant. Tak hayal nama besar mereka di dunia entertainment sedikit banyak akan memberikan pengaruh dari hal branding.

Rianti Cartwright, artis yang pernah menjadi VJ MTV ini berbagi kisahnya terjun dalam dunia bisnis perawatan kecantikan juga crumble cake yang ia tekuni bersama sahabatnya. "Berdirinya Kamala Spa berawal dari hobi saya dan sahabat -sahabat saya, saya suka sekali melakukan spa, dan perawatan tubuh tradisional lainnya 3 sampai 4 kali dalam sebulan. Lalu ada kesempatan untuk membuka spa tradisional, dan saya putuskan untuk memberanikan diri membuka Kamala Spa bersama sahabat saya. Saya sadar dalam menjalankan bisnis saya tidak bisa menjalaninya sendiri, saya butuh orang-orang yang memiliki kesamaan misi dan bisa saling support."

Ladies Only

Spa yang terletak di kawasan Cikajang Kebayoran Baru ini sangat kental nuansa tradisional dan asri, dengan interior tembok bata khas rumah pedesaan, kain-kain batik, serta gemricik air yang menambah suasana nyaman bagi para customer. "Kamala berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti teratai. Kami ingin Kamala menjadi oase di tengah hiruk-pikuk nya Jakarta. Customer bisa rilex dan menikmati perawatan dengan suasana yang berbeda." Spa yang hanya mengkhususkan pada customer wanita ini, ingin menciptakan kenyamanan dan private, "Kamala Spa memang khusus untuk wanita, karena kebanyakan spa lain, customer wanita tidak bisa merasa bebas melakukan perawatan, kalau di sini, Ladies Only."

Pemeran Aisha dalam Ayat Ayat Cinta inipun menjelaskan berbagai layanan yang ditawarkan oleh Kamala Spa, "Ada body massage, totok wajah, ear candle, lulur, creambath, waxing, mani/pedi hingga mandi susu dan perawatan pra nikah seperti ratus. Dan semua bahan-bahan dasar yang kami gunakan adalah bahan-bahan alami, dari buah yang segar yang memang kami beli dari pasar seperti alpukat, strawbery juga susu yang kita gunakan juga susu yang kita bisa minum, kopi, coklat, green tea semua dengan bahan alami."

Riset & Bisnis

"Riset pasar, sebenarnya kembali dari passion, karena saya suka, sahabat dan keluarga gemar spa dan perawatan tubuh, saya yakin marketnya pasti ada. Terlebih pembeda dari Kamala Spa dengan konsep tradisional, akan mampu menarik customer ekspatriat di Jakarta." Wanita yang juga menjadi duta Aids ini menambahkan ,"Kami ingin fokus dulu dengan Kamala di sini, belum ada rencana untuk franchise, karena kami tidak mau customer lari jika ada kwalitas yang berbeda dari satu tempat dengan cabang lainnya. Karena itu Quality control sangat kami perhatikan, termasuk juga pemiliham therapist, kami latih terlebih dahulu walaupun diantara mereka sudah pernah bekerja di spa lain, kami harus menyamakan kwalitas agar customer puas."



Ladies Who Baked

Tak cukup dengan Kamala Spa, Rianti bersama sahabatnya Belinda memberanikan diri terjun dalam bisnis kuliner yang mereka beri nama Ladies Who Bake yang dijual di Frangipani Cafe tepat berada di sebelah Kamala Spa. "Sebenarnya Frangipani muncul karena kami melihat potensi. Saat itu banyak customer Kamala yang diantar oleh suami atau pacarnya, para pria ini hanya duduk saja menunggu, jadi kami buat cafe kecil bernama Frangipani yang berarti Kamboja dengan konsep dapur ala Eropa yang homey, cafe ini menawarkan makanan-makanan ringan tradisional. Dan kebetulan teman saya Viola bisa membuat crumble, awalnya hanya kami buat satu untuk ditest ternyata banyak orang yang suka, dan keterusan untuk membut crumble yang diberi nama Ladies Who Baked."

Serupa dengan pie , Crumble ditandai dengan topping berupa butiran-butiran kecil yang terbuat dari tepung. Adapun filling -nya atau isi didalamnya seperti selai berasal dari apel, plum , blueberry, dan cherry. Rianti mengatakan, Cherry Crumble merupakan resep asli dari nenek sang sahabat Viola, yang tinggal di Jerman. "Resep itu kami kembangkan dengan buah-buahan lain, seperti apel, plum, dan blueberry. Cherry memberi rasa manis, sedangkan plum agak asam” ujar Rianti, yang juga turun langsung memasak di dapur.

Dengan sendok teh kecil sedikit demi sedikit, kita bisa langsung menghabiskannya tanpa perlu memberi jeda. Potongan kecil Cherry Crumble paling enak dimakan bersama dengan krim susu. Reders yang juga ingin ikut merasakan dapat datang langsung ke Frangipani atau dapat memesan melalui instagram.

Pengaruh Nama Besar

"Sebenarnya ini adalah tantangan, saya pernah sekolah bisnis namun saat inilah waktunya untuk mempraktikkannya. Saya bilang ini sebuah tantangan, bukan kesulitan. Nama besar ya pasti akan sangat membantu namun kembali lagi pada kwalitas, nama besar bisa mendongkrak penjualan ata membuat nama produk lebih dikenal melalui media namun jika tidak diimbangi dengan kwalitas yang baik, hal itu akan percuma dan bisa jadi boomerang. Maka dari itu kami benar-benar menjaga kwalitas produk Ladies Who Baked dan pelayanan di Kamala Spa, dan terus melakukan promosi via sosmed."








Kamala Spa & Frangipani Cafe
Jl. Cikajang no.63 Kebayoran Baru Jakarta Selatan
021 7203898, 021 7251468
Opening Hours: 10am-9pm
Ladies Who Baked
For order: 081288118895 / 08174929999. IG @ladieswhobakejkt



1. Sejak kapan, Rianti suka dengan kopi?
“Saya suka kopi sejak umur 16 tahunan , karena ayah saya suka minum kopi, saya suka incip-incip dan keterusan sampai sekarang.”

2. Jenis kopi favorit Rianti?
I like latte, piccolo latte, cappucino. Semuanya saya suka.

3. Jika diibaratkan sebagai kopi, jenis kopi apakah Rianti?
Soylatte, because im suite and good for you!

4. Apa moto hidup Rianti?
“A journey of the thousand miles begins with the single step”
Kita harus berani melakukan sesuatu untuk sebuah kesuksesan, karena sebuah kesuksesan dapat diraih jika kita mau berjuang dan konsisten.








You Might Also Like

0 komentar: