KOI, Memasyarakatkan Organik & Tanamkan Gerakan Cinta Lingkungan

2/23/2016 12:30:00 PM RED Production 0 Comments

teks & photo: Delian


KOI, yang satu ini bukanlah nama ikan cantik yang banyak digemari para pecinta ikan hias, namun KOI yang satu ini adalah Komunitas Organik Indonesia, komunitas yang satu ini sudah tak asing lagi bagi para pengusaha produk organik. Hidup ala organik tidak hanya terbatas pada menyantap makanan organik tetapi juga mengadopsi gaya hidup yang selaras dengan alam. Komunitas Organik Indonesia (KOI), yang menghimpun pelaku industri organik dari berbagai sektor, memiliki komitmen tinggi untuk menyebarluaskan gaya hidup organik. Salah satu kegiatannya adalah penyelenggaraan Organic, Green & Healthy Expo (OGH Expo) sebagai ajang pengenalan produk-produk organik sekaligus edukasi tentang gaya hidup organik.

 Komunitas Organik Indonesia (KOI) sendiri memiliki lebih ratusan anggota yang sebagian besar merupakan usaha mikro dan kecil, termasuk industri rumah tangg, juga pemerhati, pakar, maupun penyuka organic green and healthy living di Indonesia dapat bergabung tanpa dipungut biaya. Salah satu program utama KOI adalah pemberdayaan anggota dengan menggandeng pakar untuk melakukan klinik bisnis terkait branding dan marketing. Selain itu, KOI juga secara aktif mengikuti berbagai pameran dan bazar sehingga anggotanya juga dapat memasarkan produk-produk mereka. Masyarakat sering menganggap produk organik dan gaya hidup selaras alam sebagai mahal,susah dicari dan sulit dilakukan. Kami ingin menyampaikan bahwa ada banyak produk organik dari produsen dalam negeri yang sangat terjangkau. Dan dengan mengkonsumsi produk organik, justru badan kita akan lebih sehat dan efek mahal yang banyak dikatakan orang akan terpatahkan bila kita sakit karena pol makan yang salah, maka biaya yang dikeluarkan akan lebih besar." Ujar Emille kepada RED Magz.

Kegiatan KOI berupa sharing , bazaar , talk show dan lain-lain yang diadakan setiap bulan. Tahun ini KOI kembali mengadakan event besar tahunannya OGH Expo, ini merupaka event tahun ke empat, setelah sebelummya cukup suskes diadakan dan memasyarakatkan produk organik di tengah masyarakat. 

 "Mengambil thema "Healthier Life A Greener Earth" thema ini bermaksud bukan lagi mengajak orang untuk mengkonsumsi makanan organik tapi lebih dari itu, dimana kita harus tahu bahwa segala hal yang kita konsumsi juga akan membawa dampak bagi lingkungan bukan hanya untuk tubuh kita." Dalam acara yang akan diadakan pada tanggal 2 hingga 4 Oktober 2014 di Bentara Budaya Jakarta ini, OGH Expo akan mengadakan beberapa acara diantaranya memperkenalkan Batik dengan pewarna alami, yang tidak akan merusak lingkungan dan tidak meracuni pembuat batik. Selain itu akan diadakan berbagi seminar, talkshow, demo masak makanan organik dan agenda acara menarik lainnya yang sayang jika dilewatkan.

You Might Also Like

0 komentar: