Fajar Putra, All Is Coming with Yoga

1/27/2016 08:00:00 PM RED Production 0 Comments


 Teks: Delian, Photo: Andry Susanto


Fajar Putra, Inspirator sehat yang satu ini mencuat namanya berkat memperkenalkan Yoga dan Acroyoga . Kini setelah delapan tahun Fajar Putra melanglang buana di dunia yoga secara profesional, Fajar menunjukkan perkembangan Yoga yang begitu melesat. Tercatat 30 lebih selebrita Indonesia berguru padanya, tak berlebihan rasanya jika banyak orang menyebutnya sebagai Celebrity Yoga Instructure.

Menekuni bidang Yoga, bagi Fajar bukanlah suatu hal yang asing lagi, sejak dini Fajar sudah tumbuh dalam keluarga Yogi (sebutan pelaku Yoga). "Pertama saya mengenal yoga, dari ayah saya, beliau seorang Yogi sejati. Sejak usia 3 tahun, saya ,kakak saya dan keluarga saya sudah terbiasa dengan Yoga, karena kami pecinta Yoga. Dan dari kecil saya tumbuh dekat sekali dengan dunia yoga. Setiap minggu kami Yoga bersama. " Tumbuh dan berkembang dalam lingkungan penggiat Yoga menumbuhkan kecintaannya pada olahraga Yoga yang berasal dari bahasa Sanskerta ini. 

Yoga memiliki arti "penyatuan", dan bermakna "penyatuan dengan alam" . "Semakin dewasa saya makin suka dengan Yoga dan berniat menekuninya. Saya sempat menjadi instructure di salah satu pusat kebugaran di sanalah saya bertemu dengan seorang instruktur Yoga bernama Dira Dewi. Beliau yang menunjukkan bahwa saya orang yang berbakat dan beliau yang mengajak saya untuk mengambil sertifikat sebagai guru baik di Jakarta maupun di luar negri." Mengenalkan Yoga dan Acroyoga di Indonesia tidaklah terlalu sulit baginya, karena pada dasarnya Yoga sudah cukup dikenal banyak masyarakat, hanya saja banyak diantaranya yang pesimis dan menganggap Yoga adalah olahraga yang sulit dan kurang bermanfaat. "Mengenalkan Yoga dan Acroyoga tidak sulit. Pada mulanya orang yang melihat akan merasa kesulitan melihat gerakan Yoga dan Acroyoga, tapi saat mereka mencoba ternyata tidak sesusah seperti apa yang mereka pikirkan, setelah mencoba mereka justru suka dan bahkan menjadi acroyogis sejati.Bahkan sampai di laur kota pun Acroyoga sudah mulai berkembang pesat saat ini." Ujar nya pada RED Magz.


"Dengan Yoga bukan hanya badan saya yang sehat tapi juga bisa melatih ketenangan, dan kesabaran, all is coming .

Saya yakin karena saya merasakan manfaatnya bagi tubuh saya. Saya pecinta olahraga dan dengan Yoga ini saya juga bisa melatih ketenangan dan ksabaran yang dilatih dalam Yoga. Jika saya bisa merasakan hal ini, saya yakin orang lain juga bisa merasakan hal yang sama." Mengajak semua agar tetap orang sehat dengan Yoga adalah sebuah misi sederhana mengapa ia begitu gencar mengenalkan Yoga dan Acroyoga diberbagai kesempatan. "Saya ingin orang juga bisa merasakan Yoga, selain seru, menyenangkan, manfaat untuk tubuh juga banyak." Dalam perkembangan Yoga di tanah air, sempat tersiar kabar terkait haram nya Yoga karena dianggap melenceng dari pandangan agama tertentu, melihat hal itu sebagi seorang Yogi, Fajar menuturkan, "Sekarang kita bisa lihat, bahwa yoga semakin berkembang pesat. Hal Itu disebabkan karena makin banyak orang merasakan hasilnya. Jadi kalau dikatakan haram, balik lagi, haram darimana nya, kalau dari gerakan tentu tidak itu adalah gerakan kesehatan dan setiap gerakan yoga memiliki mnfaat untuk tubuh. Sampai saat ini perkembangan Yoga sebegitu besarnya di seluruh dunia, itu karena banyak yang merasakan manfaatnya, jadi saya tidak sependapat dengan opini tersebut. 

Yoga selalu membawa kebaikan, inside dan outside, bisa memberikan ketenangan dan pasti baik untuk tubuh."  

Pemilik Union Yoga ini, menjelaskan bahwa Acroyoga memiliki banyak manfaat termasuk bagi pasutri jika dilakukan bersama, "Acroyoga adalah penggabungan acrobatik dan yoga yang dilakukan oleh dua orang atau lebih, jadi dapat bersinergi . Menyatukan energi satu dengan yang lain. Kalau kita Yoga, kita hanya memikirkan gerakan kita sndiri, sementara dalam Acroyoga ada faktor trust, yaitu kepercayaan yang harus dibangun, melatih kepercayaan pada pasangan, sebagai team work Acro juga dapat membentuk keharmonisan, kekompakan, menjalin komunikasi dan itu semua adalah hal yang dilakukan dalam Acroyoga.  

Kebanyakan Acroyoga di Indonesia, istri sebagai flyer yaitu posisi diatas, hal itu akan sangat baik untuk organ intim wanita, badan juga lebih sehat, metabolisme nya lebih lancar, hubungan pasturi pun akan makin harmonis. " Menurut Fajar, tak ada persiapan khusus yang dibutuhkan untuk memulai Acroyoga. Namun bagi Reders yang sama sekali belum pernah melakukan Yoga atau tidak terbiasa berolahraga, ada baiknya mengambil kelas yoga biasa selama satu sampai dua bulan sebelum mulai berlatih gerakan acroyoga. Yoga bisa dilakukan dua sampai tiga kali seminggu, namun semakin sering intensitas latihannya bisa semakin cepat pula seseorang memulai Acroyoga. Hal ini dimaksudkan agar terbiasa dengan gerakan dan istilah-istilah yang akan dipakai pada latihan yang dibawa dari India dan dikembangkan pada tahun 80-an di Montreal, Kanada tersebut.

PEN Yoga Star & Union Yoga

Menekuni Yoga, membuat ia memiliki banyak relasi sesama instructure berbakat dan profesional, hal itulah yang mendorong Fajar membuat PEN Yoga Star, sebuah perkumpulan Yoga Instructure yang ia bentuk untuk mengamodir pecinta Yoga, dimana para instructure dapat langsung datang ke rumah customer secara private. " Saya melihat banyak bakat dari teman-teman sesama instructure yang cukup potensial, dan saya mengajak mereka untuk bergabung mengajar dalam PEN Yoga Star, untuk dapat mengajar private para klien." Salah satu kriteria instructure yang dapat bergabung dalam PEN Yoga Star adalah pengalaman menjadi instructure selama minimal 2 tahun dan tentu telah memiliki sertifikat sebagai pengajar." Fenomena menjamurnya pusat kebugaran dan Yoga Studio ,dipandangnya bukan hanya sebagai trend tapi sebuah gaya hidup atau budaya sehat yang positif, 

"Saya rasa ini bagus sekali dan menurut saya ini bukan sebuah trend, hanya sekedar ikut-ikutan tapi ini akan menjadi lifestyle, yang positif dan yang terus berkembang dan membantu mengenalkan yoga." Union Yoga, didirikan oleh Fajar bersama rekannya Chu Chu Liu, berkat kesamaan misi yaitu membuat semakin banyak orang yang bahagia dan sehat dengan beryoga. Buka sejak 12 September 2014 Studio yang terletak di kawasan Darmawangsa ini memang sangat strategis dan lengkap. 

"Di Union, kami memiliki kelas Acroyoga yang pertama di Indonesia, kami memiliki kelas Bikram, Sveda (hot yoga- 60 menit), Hatta, Ashtanga, Prenatal (yoga bagi ibu hamil) dan Kids Yoga. Sekali datang ke Union kebutuhan semua kelas Yoga dapat terpenuhi, itulah mengapa kami memberikan nama Union Yoga. " ujar penggemar ice cream ini pada RED Magz. Tak hanya kelengkapan kelas, Union Yoga juga mementingkan kenyamanan para customernya, hal ini terlihat dari kebersihan , kerapian penataan ruangan juga fasilitas yang ada seperti mini shop yang menjual berbagai kelengkapan Yoga seperti matras, baju untuk Yoga juga botol minum. Untuk melepas dahaga dan detox Union juga menyediakan yang menyediakan berbagai minuman sehat. Sementara pada kelas Bikram, Union memiliki teknologi baru dengan panas 42° yang stabil, tidak akan terpengaruh oleh suhu diluar ruangan. Bagi Reders yang ingin bergabung dalam Union Yoga Studio, Reders dapat memilih paket membership mingguan, bulanan bahkan tahunan yang cukup menarik.  

"Be Happy. Setiap pekerjaan yang kita lakukan dengan penuh cinta maka saya yakin hasilnya akan maksimal, bagi saya apapun yang saya lakukan dengan cinta akan mendapatkan hasil yang maksimal."


Tips sehat ala Fajar Putra

1. Kenali basic Yoga sebelum melakukan Acro Yoga, hal ini bertujuan untuk menguatkan otot dan membiasakan otot.

2. Lakukan Acro Yoga, maksimal 3 kali dalam seminggu, beri waktu otot untuk beristirahat ,agar tubuh dapat recovery kembali.

3. Olahraga rutin maksimal 60 hingga 90menit.

You Might Also Like

0 komentar: