"The 1st Big Size Organic Cooking Class at Jakarta, Gardening Class and Biopori"‏

11/18/2015 02:25:00 PM RED Production 0 Comments


Hi Organic Day merupakan sebuah acara yang diadakan oleh HiLo Green Community Jakarta di Casa Goya Residence, Minggu 15 November 2015 dari pukul 06.30 – 12.00. Hi Organic Day bertujuan menginspirasi gaya hidup hijau melalui aksi hijau yang fun, kreatif dan mudah diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari serta mengajak masyarakat khususnya di daerah perkotaan seperti Jakarta untuk bisa memanfaatkan lahan ataupun membiasakan diri untuk berkebun layaknya seorang petani di pedesaan.

"kegiatan ini awalnya dibuat dan direncanakan dengan tujuan menginspirasi gaya hidup dengan cara yang unik dan berbeda, bukan hanya hidup mencintai bumi dengan berbagai kegiatan yang sering dilakukan oleh HGC Jakarta seperti mengumpulkan kertas dan membagikan tumbler dan reusable bag, tetapi juga hidup untuk mencintai diri sendiri melalaui gaya hidup organic dengan mengkonsumsi sayur-sayuran organic, nantinya kegiatan ini akan dilaksanakan setiap tahun untuk lebih besar dan lebih besar lagi" ujar Regen, Presiden HiLo Green Community Jakarta.



Hi Organic Day menyampaikan pesan inspirasi tentang gaya hidup hijau melalui Gardening Class dan Biopori yang menghadirkan komunitas yang sangat menginspirasi, yaitu Jakarta Berkebun. Jakarta Berkebun sendiri merupakan sebuah komunitas Urban Farmer di Jakarta. Dalam program ini, Jakarta Berkebun mengedukasi mengenai cara - cara menjadi urban farmer yang baik dan benar mulai dari mengolah tanah, menanam bibit, membuat pupuk kompos dan yang tak kalah penting adalah membuat lubang biopori. Jakarta Berkebun mengedukasi tidak hanya sekedar materi namun langsung menjadi aksi.

Di Gardening Class para peserta Hi Organic Day diajari cara mengolah tanah yang baik dan benar dengan perbandingan 1:1 yang selanjutnya di campur dengan pupuk organic cair yang dibantu oleh Jakarta Berkebun. Peserta juga diajarkan teknik untuk menanam bibit dengan cara disebar dan di semai menggunakan polybag. Jakarta Berkebun juga mengajari cara melakukan stek pucuk daun mint dengan cara mengambil 4 lembar daun mint lalu tancapkan batang daun mint ke dalam polybag. 1 polybah berisi 3 stek pucuk daun mint. Penggunaan polybag sendiri bisa diaplikasikan untuk kita yang ingin menjadi urban farmet namun tidak mempunyai lahan yang cukup. Para peserta juga bisa merasakan cara memanen kangkung yang benar dengan cara mencabutnya hingga ke akar. 

Di acara Hi Organic Day yang dibantu oleh Jakarta Berkebun juga mengajari para peserta untuk membuat lubang biopori yang benar. Biopori sendiri berfungsi untuk meningkatkan daya serap tanah terhadap air sehingga pada musim hujan tidak ada genangan air. Biopori dibuat dengan cara menggali tanah menggunakan bor biopori yang sudah disediakan.

You Might Also Like

0 komentar: