Manfaat OMEGA 3 pada Biji Chia

11/20/2015 09:34:00 AM RED Production 0 Comments


Tubuh manusia tidak dapat memproduksi nutrien penting ini, sehingga kita perlu menambahkan makanan yang mengadung Omega-3 dalam kesehariannya. Kebutuhan Omega-3 yang diinformasikan melalui Angka Kecukupan Gizi yang dianjurkan oleh Departemen Kesehatan bagi Bangsa Indonesia adalah 1.600 mg untuk pria dewasa dan 1.100 mg untuk wanita dewasa.



Selama ini informasi yang kita peroleh bahwa sumber Omega-3 terbaik hanya berasal dari minyak ikan dan salmon, tetapi ternyata terdapat sumber lainnya seperti dari tumbuhan khususnya dalam bentuk biji-bijian. Biji chia atau chia seeds merupakan sumber omega tertinggi saat ini dalam bentuk ALA (α-Linolenic acid) yang dapat dirubah oleh enzyme tubuh sesuai dengan kebutuhannya menjadi DHA (Docosahexaenoic acid) dan EPA (Eicosapentaenoic acid).  Penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition juga menambahkan pentingnya Omega-3 dari tumbuhan dengan menarik kesimpulan bahwa vegetarian yang tidak mengkonsumsi ikan dapat memperoleh Omega -3 dalam bentuk ALA dari tumbuhan dan biji-bijian dan memberikan benefit kesehatan yang lebih baik dibandingkan mereka yang mengkonsumsi ikan untuk memperoleh Omega-3 (EPA dan DHA).

Dalam satu sendok makan chia seeds atau setara dengan 7,5 gram memiliki kandungan Omega-3 antara  1000 mg – 1500 mg sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan Omega -3 tubuh kita dalam sehari. Chia seeds tidak hanya membantu memenuhi kebutuhan Omega-3 tapi juga membantu melengkapi kebutuhan serat, mineral dan juga terdapat antioksidan yang dibutuhkan tubuh.


You Might Also Like

0 komentar: